Bio Clock and Jet Lag

Sekarang baru ngalamin yang namanya Jet Lag. Agak susah menjelaskannya tapi prinsipnya begini:

Di Indonesia pola hidup badan adalah:
Jam 6 pagi berangkat kantor, jam 12 adalah waktu sholat zhuhur dan istirahat di kantor, jam 14 adalah waku ngantuk saat dikantor, jam 18 saatnya pulang ke ruman menembus macet untuk kemudian sampai rumah jam 20.00 dan segera terlelap jam 21 karena kecapean. Pola ini seolah-olah sudah fixed karena tanpa melihat jam pun, badan sudah terkondisi.

Nah, bayangkan ini, Zona waktunya mundur 6 jam. Dengan ritme hidup badan yang masih dengan pola hidup Indonesia timingnya jadi ngaco berat. Jam 12 malem waktu UK,sama dengan jam 6 pagi di Indonesia. Jam 12 malam kita bangun segar bugar karena badan sudah terbiasa dengan kondisi siap tempur di Indonesia. Padahal di luar gelap gulita. Dan jam 15.00 sore kita udah ngantuk berat soalnya di Indonesia sudah jam 20an … waktunya tidur.

Satu cerita mengenai penerbangannya, kita berangkat dari Singapore jam 22.55 waktu singapore. Artinya di Indonesia jam 21 an …Lamanya penerbangan sekitar 12 jam-an, tapi kita melawan arah bergeraknya bumi, harusnya semakin terang ( karena toh kita berangkat udah tengah malem) tapi selama perjalanan gelap gulita dan sampai di Inggris Subuh…

Orang Dewasa jadi lemes dan badannya nggak enak…apalagi bayi.Khansa jadi lumayan rewel setelah mendarat dan lumayan sensitif. Badannya capek mau tidur, tapi diluar waktunya masih terang atau badannya mengira waktu makan standar waktu Indonesia ternyata di Inggris belum…major conflict of interest

Mungkin perlu waktu beberapa hari lagi agar dapat menyesuaikan ritme badan dengan waktu lokal. Salah satunya cara adalah dengan bangun lebih lama di waktu sore.(gagal,sih untuk hari ini). Katanya 2 atau 3 hari lagi baru normal.

Mengetik blog ini mungkin jadi terapi karena saat ini jam 20.53 waktu London…dan di Indonesia sekitar jam 2 pagian, orang lagi lelap atau mungkin sholat malam menjelang sahur.tapi di UK masih cukup sore untuk tidur.

Jet Lag…what a new experience …

image dari http://www.businessweek.com

Advertisements

25 thoughts on “Bio Clock and Jet Lag

  1. dikyana said: blom tidur brow ?…hehehe…biasa itu mah, 3 – 4 hari sembuhnya biasanya..tp klo sayah mah semingguan..dinikmati (males.com)

    SEMINGGU?kesian orang yang gue tumpangin…kudu buru2 cari rumah,nih …

  2. dikyana said: hahaha…klo gw mah emang ngeles bwt cepet2 gawe…:))gimana disono..disini mah siangnya panas bgt..sorenya ujan mulu…

    Disini kadang-kadang mendung,terus hujan …terus matahari sebentar lalu hujan lagi …mendung lagi…

  3. roelworks said: kita berangkat dari Singapore jam 22.55 waktu singapore. Artinya di Indonesia jam 21 an …Lamanya penerbangan sekitar 12 jam-an, tapi kita melawan arah bergeraknya bumi, harusnya semakin terang ( karena toh kita berangkat udah tengah malem) tapi selama perjalanan gelap gulita dan sampai di Inggris Subuh…

    Memang agak tricky sih. Tapi jetlag relatif lebih cepat diatasi dengan:- tidur di pesawat sepanjang malam. Makanya terbang malam lebih enak.- di tempat tujuan jangan tidur sampai matahari setempat terbenam.Tenang saja. You’ll get used to it. Untuk si kecil memang agak lama adaptasinya. Have fun in UK!

  4. Dulu wkt aq k spanyol alhamdulillaah cpt adaptasinya, bgtu jg anak2 paduan suaranya. ga tau knapa, mgkn krn momentnya fun n seru gtu deh…hehe..kesannya kayak momennya bang roel di sana ga ok aja…no mxdku, wkt itu kan rame2, jd lbh ga berasa aja ngjalaninnya. yg sabar y, mud2an cpt adaptasi. gmn mba ita?msh bmasalah dg giginya?

  5. gwensukma said: eeehh..ke UK ya..ngapain bro…sekolah apa kerja?

    Istri dapet beasiswa S2 di Bedfordshire University (www.beds.ac.uk). Master untuk TEFL (Teaching English as a Foreign Language), jadi saya temenin dia belajar sambil (cari-cari) kerja dan ngerawat si kecil

  6. biasanya emang semingguan. kalo khansa, mending dikasi tempra/panadol aja, untuk ngejadwal dia rutinitas tidur yg baru, plus kasi dia makan/cemilan agak sering. atau, coba, jam 10an keluar jalan2–ups… tapi sering ujan n mendung ya…? kalo pgn cpt ilang jetlag-nya, setiap berasa ngantuk yg masih bau jakarta, harus dilawan, dikit, Bang–cari kesibukan. yg plng efektif ya, jalan2 keluar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s