Cinta dan pengorbanan

Pengajian of Dearest Friday – PDF (Seri ke-2)

Jum’at, 13 Juni 2008

Bismillaahirrahmaan irrahiim

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.


ALLAH, MAHA PENGASIH (AR-RAHMAAN) MAHA PENYAYANG (AR-RAHIIM)

  1. Dalam surat al-Fatihah dua sifat Allah disebut sebanyak dua kali, yaitu ar-Rahmaan ar-Rahiim (Maha Pengasih Maha Penyayang), sifat yang paling sering disebut oleh orang mu’min. Setiap muslim/mu’min membaca dua sifat itu minimal sebanyak (2x17rekaat) =34 kali, setiap hari khususnya dalam shalat. Allah juga bersifat al-Waduud (Maha Mencintai).
  2. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang berarti Allah mengasihi semua mahluk-Nya, tetapi Dia hanya menyayangi orang-orang yang taat kepada-Nya. Air, api, udara, tumbuhan, hewan, dan sebagainya adalah bukti Maha Pengasih Allah terhadap manusia. Pahala dan surga yang dijanjikan adalah bukti Maha Penyayang Allah terhadap muslim/mu’min. Kesempatan mengantuk dan tidur adalah bukti kasih sayang Allah terhadap manusia
  3. Allah adalah pemilik dan sumber rasa kasih sayang dan cinta. Manusia hanya sekedar dititipi atau dipinjami rasa cinta atau kasih sayang. Manusia sewaktu lahir sebagai bayi belum ada cinta dan sewaktu dia kelak mati sudah tidak ada cinta lagi. Ke mana cinta ? Cinta diambil oleh Sang Pemilik yaitu Allah. Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya adalah segala-galanya, cinta yang paling tinggi dan paling besar. Apapun yang kita cintai harus dalam rangka cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Allah swt. berfirman dalam al-Quran, yang artinya, “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)” (QS. Ali Imran 3:14).

Allah swt. Juga berfirman dalam al-Quran ayat lain, yang artinya, “Katakanlah, ‘Jika Bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri, kerugiannya, dan rumah-rumah tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya’. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik” (QS. at-Taubah 9:24).

Wallaahu ‘alam bishshawwab

Wa’alaikumus-salaam Wr. Wb.

M. Muhtar Arifin Sholeh

Sheffield UK

Advertisements

5 thoughts on “Cinta dan pengorbanan

  1. roelworks said: Allah swt. Juga berfirman dalam al-Quran ayat lain, yang artinya, “Katakanlah, ‘Jika Bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri, kerugiannya, dan rumah-rumah tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya’. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik” (QS. at-Taubah 9:24).

    hayo semuanya…. udah ngerjain apa nih buat kebaikan…. (padahal ngomong ke diri sendiri…) he he he

  2. siipot said: hayo semuanya…. udah ngerjain apa nih buat kebaikan…. (padahal ngomong ke diri sendiri…) he he he

    iya, nih…sholat aja masih telat-telat…(bicara pada diri sendiri tentunya…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s