Bau Hangus

Kemaren malam ada bau hangus dicurigai dari laptop…dan malam ini USB portnya menolak bekerja sama, akibatnya printer, HD external dkk gak bisa nyambung, anehnya kamera mau disambungin lewat USB port…artinya ada yang lain yang rusak. Pas di cek di Hardware profile sempet ada error message (SM Bus?) tetapi setelah reboot hilang error messagenya…memang belakang suhu laptopnya agak berasa lebih gerah…tapi masak ampe jebol USBnya?

Aduh susah deh kalau pake rusak di UK begini, kalau mau dibetulin di support center harus ke London dan belum tentu langsung bener. Mau yang bengkel laptop yang dekat gak berani.

Moga HD external gak jebol kalau gak habis dah data 100GB… buuhuhuu….mana banyak deadline…gaaah…

Lebih kasian Ita,…tugasnya banyak banget di laptop…di burn dulu kali ya…terpaksa ita ke Kampus dulu pinjem komputer …padahal udah 19.00…perpus buka sampai jam 22.000…caiyoooo!!!

Mohon doanya untuk kesembuhan laptop semata wayang ini ya…Ya. Allah, sembuhkan laptop kami ini …

Advertisements

29 thoughts on “Bau Hangus

  1. weleh…knapa tuh laptop? kepanasan kalamaan nyala ato koslet? ada2 aja…udh dicoba lagi bang itu usb portnya? iya ya, pasti dokter laptop di sana mahal, udah gtu jauah pula klo k london…ampuuun…yoi deh, moga cepet baik laptopnya…yaa… aamiiin…

  2. roelworks said: dan malam ini USB portnya menolak bekerja sama, akibatnya printer, HD external dkk gak bisa nyambung, anehnya kamera mau disambungin lewat USB port…artinya ada yang lain yang rusak.

    Afaik HDD external ngambil power source dari USB, nggak cuman jalur data. Sedangkan jenis2 electronic device tertentu nggak butuh power source nya USB, cuma jalur data thok. Ditambah bau angus, mungkin ini yang rusak: sambungan power dari power source ke USB controllernya. Makanya ke-detect kadang idup / kadang mati. Kalau masalahnya ini, yang harus diganti biasanya chip USB controller ini. Masih untung Notbuknya masih bisa idup roel, PC gw yang jebol USB controllernya nggak bisa loading OS sama sekali, endless loop pas booting. Ayo cepet2 backup.

  3. alternatif backup selain burn mungkin bisa dipertimbangkan lewat network. kalau WLAN dirasa kurang cepat bisa pakai kabel LAN cross untuk transfer data ke komputer lain.Btw SM Bus itu AFAIK adalah System Management Bus, chipset controller yang mengatur dan menjelaskan event yang terjadi di sebuah system. Contohnya suhu komputer, batere status dan lain-lain. Dalam kasus ini mungkin akibat dari malfunction port USB nya sehingga muncul error message tersebut.Soal HDD External gak ketedect, udah coba dipasang di komputer lain? Jalan atau tidak?Dan benar yang kangbayu bilang, USB itu pada prinsipnya ada 4 pin. Dua jalur data dan dua untuk power. Kalau kamera digital bisa dicolok berarti ada masalah dengan power management USB tersebut. Karena rata2 kamera digital hanya menggunakan dua jalur data nya. Berbeda dengan Printer atau HD External. Suhu laptop lebih tinggi bisa jadi selain ada masalah dengan cooling, coba dicek lagi bagian process. (klik kanan di taskbar, pilih Task Manager). Apakah ada process yang memakan CPU tinggi (bisa diurut berdasarkan penggunaan CPU). Kalau ada, perlu diidentifikasi. Jangan2 karena CPU bekerja terus-terusan (misalnya karena sebuah virus bercokot atau lainnya) sehingga pada akhirnya meningkatkan suhu processor dan sistem.Koreksi kalau salah..Semoga laptopnya cepat sembuh

  4. Kemaren PC di rumah sempet mengalami symptom yang sama, dimulai dari USB port yang ogah-ogahan bekerja sama. Akhirnya semua mati total karena ternyata chipset motherboardnya hangus terbakar. Bagusnya, data-data di hard disk tetap intact. Jeleknya, mbenerinnya rada repot, tapi bisa kok…

  5. dikyana said: dimana kata “service” itu berarti ribet, lama & jauhhh :((

    Apes dah…udah telp HP SUpport UK dan dia bilan HP UK gak support Laptop ini..jadi disuruh telp ke Indonesia…ALAMAAAAAAKKKK!!!

  6. Kalo ingat kejadian2 kaya gini, selalu ingat kata bokap: ” Ucapkan: alhmadulillah, …innalillahi wa innailaihi raji’uuuun…” Semoga oh semoga laptopnya bisa cepat sembuh…

  7. roelworks said: Apes dah…udah telp HP SUpport UK dan dia bilan HP UK gak support Laptop ini..jadi disuruh telp ke Indonesia…ALAMAAAAAAKKKK!!!

    najoooongg!!

  8. menhariq said: alternatif backup selain burn mungkin bisa dipertimbangkan lewat network. kalau WLAN dirasa kurang cepat bisa pakai kabel LAN cross untuk transfer data ke komputer lain.Btw SM Bus itu AFAIK adalah System Management Bus, chipset controller yang mengatur dan menjelaskan event yang terjadi di sebuah system. Contohnya suhu komputer, batere status dan lain-lain. Dalam kasus ini mungkin akibat dari malfunction port USB nya sehingga muncul error message tersebut.Soal HDD External gak ketedect, udah coba dipasang di komputer lain? Jalan atau tidak?Dan benar yang kangbayu bilang, USB itu pada prinsipnya ada 4 pin. Dua jalur data dan dua untuk power. Kalau kamera digital bisa dicolok berarti ada masalah dengan power management USB tersebut. Karena rata2 kamera digital hanya menggunakan dua jalur data nya. Berbeda dengan Printer atau HD External. Suhu laptop lebih tinggi bisa jadi selain ada masalah dengan cooling, coba dicek lagi bagian process. (klik kanan di taskbar, pilih Task Manager). Apakah ada process yang memakan CPU tinggi (bisa diurut berdasarkan penggunaan CPU). Kalau ada, perlu diidentifikasi. Jangan2 karena CPU bekerja terus-terusan (misalnya karena sebuah virus bercokot atau lainnya) sehingga pada akhirnya meningkatkan suhu processor dan sistem.Koreksi kalau salah..Semoga laptopnya cepat sembuh

    nice one riq

  9. roelworks said: Mouse juga matek …aduh..males banget dah nih

    Itu tandanya kerusakan merambat… dan biasanya kalau nggak segera ditangani, yang rusak lebih banyak lagi. hayo, segera putusken mau diapaken?

  10. roelworks said: Apes dah…udah telp HP SUpport UK dan dia bilan HP UK gak support Laptop ini..jadi disuruh telp ke Indonesia…ALAMAAAAAAKKKK!!!

    Saat-saat begini Jakarta sangat dirindukan ya? Tinggal ke Raplas / Ambas / Glodok…

  11. roelworks said: HD external bisa dipake di komputer lain…artinya power dari USB memang nggak on…gimana dong ya..

    Waduh… keliatannya kalau emang dugaan utamanya tetep chip USB yang angus, maka ngga bisa ngga, motherboardnya harus di-rumah-sakit-kan dulu dan siap2 di “operasi”. Standar Raplas / Ambas sih semingguan rawat-inap, biaya lumayan… gak tau gimana kalau UK, jangan2 cuma mau ngerjain ganti motherboard baru doang?Turut berduka cita roel…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s